Paparan matahari selama ini dikenal memiliki dampak yang berbahaya bagi kulit manusia, tidak terkecuali bagi kulit anak. Anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif dan rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV yang menyengat. Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk melakukan langkah-langkah perlindungan agar anak-anak terhindar dari bahaya paparan matahari yang berpotensi merusak kulit mereka.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi kulit anak dari paparan matahari:

1. Gunakan tabir surya: Tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 adalah senjata utama dalam melindungi kulit anak dari sinar UV. Pastikan tabir surya dioleskan secara merata di seluruh tubuh anak sebelum beraktivitas di luar ruangan.

2. Kenakan pakaian yang melindungi: Pakaian dengan serat rapat dan berwarna gelap dapat membantu melindungi kulit anak dari paparan sinar UV. Pastikan anak mengenakan topi, kacamata hitam, dan pakaian yang menutupi tubuh sebagian besar saat berada di luar ruangan.

3. Hindari paparan langsung pada saat puncak sinar matahari: Usahakan untuk menghindarkan anak dari berada di luar ruangan pada waktu paling terik, yaitu antara pukul 10 pagi hingga 4 sore. Jika memungkinkan, pilihlah tempat bermain yang terlindung dari sinar matahari langsung.

4. Selalu buatkan minum air putih: Paparan matahari dapat membuat kulit anak menjadi kering dan dehidrasi. Pastikan untuk memberikan anak minum air putih yang cukup agar tubuhnya tetap terhidrasi.

5. Perhatikan tanda-tanda kulit terbakar: Jika kulit anak mulai terlihat merah dan terasa panas, segera bawa mereka ke tempat yang teduh dan berikan kompres dingin untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Dengan melakukan perlindungan yang tepat, orangtua dapat membantu melindungi kulit anak dari bahaya paparan matahari yang berpotensi merusak. Ingatlah bahwa kebiasaan melindungi kulit dari sinar UV sejak dini dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang lebih serius di masa depan.